Rabu, 23 Desember 2009

Agar hasil jepretan terang dan enggak nge-Blur

Karena keterbatasan budget, saya selalu membeli digital kamera untuk kelas pemula atau istilah keren nya: point-and-shoot, semuanya serba otomatis sehingga tidak memberi kesempatan kita untuk mengatur kecepatan rana, lebar bukaan, dsb.

Dengan demikian kamera jenis ini biasanya menghadapi masalah jika harus memotret tanpa lampu blitz pada keadaan cahaya rendah, misalnya saat kita ingin mengabadikan suasana sore hari. Jika kita memaksakan memotret tanpa blitz, maka kecepatan rana akan otomatis menjadi lambat dan berakibat gambar menjadi blur.

Jika yang diambil gambarnya adalah obyek diam (gedung, pohon, kendaraan yg sedang parkir, dsb.) maka masih ada harapan untuk membuat foto yang tajam dalam keadaan cahaya terbatas.

Jika kita perhatikan, yang membuat gambar blur adalah si pemotret itu sendiri (kita) yang secara tidak sadar menggoyangkan kamera saat menekan tombol shutter. Ini diperparah lagi dengan ringannya kamera digital umumnya yang untuk kelas pemula. Saking ringannya maka goyangan sedikit saja efeknya bisa sangat nampak.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi blur akibat goyangan adalah:

1. Biasakan menekan tombol shutter dengan perlahan tapi pasti, jangan menekan mendadak seperti orang tancap gas :)

2. Gunakan tripod jika tersedia

3. Jika tidak ada tripod, gunakanlah payung, tempat sampah, tiang listrik/lampu sebagai tumpuan tangan Anda.

4. Jika tidak ada tumpuan, gunakan lutut atau dada Anda sebagai tumpuan.

5. Gunakan self-timer (biasanya dalam 10 detik) daripada menekan tombol shutter secara manual.

Contoh foto di bawah diambil dari kursi baris paling belakang di lantai atas sebuah bis kota (double decker). Waktu pengambilan pukul 6 sore dalam cuaca mendung dan tanpa blitz. Saya tidak membawa tripod dan hanya mengandalkan tangan yang bertumpu pada lutut. Shutter tidak ditekan secara manual tetapi memanfaatkan self-timer 10 detik. Tentu saja foto dijepret saat bus sedang berhenti di halte untuk menaikkan/menurunkan penumpang. :)



Selamat mencoba!